Berita Utama

Pembukaan MTQ KE-IX Tahun 2017 di Kabupaten Karimun

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-IX Kabupaten Karimun, yang digelar dibelakang stadion Badang Perkasa Kelurahan Darussalam, Kecamatan Meral Barat, Sabtu (15/4/2017) malam ditandai dengan pemukulan beduk.

Dalam sambutannya, Nurdin berpesan untuk kembai ke Al-Quran dan memakmurkan Masjid.

“Saat ini teknologi begitu canggih. Sebagai membentengnya, mari kembali ke Al-Quran dan memakmurkan Masjid,” ujarnya.

Dikatakannya lagi, dalam pelaksanaan MTQ merupakan proses pemahaman isi kandungan Al-Qur’an yang menjadi nilai dan landasan untuk kehidupan sehari-hari.

“Melalui MTQ juga bisa melahirkan qori dan qoriah, kemudian hafiz/hafizah sebagai duta terbaik pada STQ dan MTQ di tingkat Provinsi maupun Nasional,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Karimun, Aunur Rafiq menyebutkan MTQ banyak memiliki makna tidak kecil, khususnya membina umat islam. Diharapkan melakui MTQ  membumikan Al-Quran dan mengimplementasikannya dikehidupan sehari-hari.

“Dewan hakim berikan penilaian arif dan bijaksana. Qori dan qoriah jadikan MTQ sebagai ibadah, bukan gelar juara menjadi tujuan utamanya,” tegasnya.

Sedangkan Sekda Karimun, Muhammad Firmansyah menyampaikan pada MTQ ke-IX Kabupaten Karimun dengan cabnag diperlombakan diantaranya Tilawah, Fahmil, Syarhil, Tahfidz, Tafsir, Musabaqah Makalah Quran diikuti sebanyak 318 orang peserta atau qori dan qoriah utusan dari 12 Kecamatan se-Kabupaten Karimun.

“Kegiatan ini barometer mengurkur hasil pembalajaran Al-Quran dimasyarakat, baik itu di Masjid sampai DTA. Harapannya, Al-Quran melekat dimasyarakat, sehingga terwujudnya perilaku masyarakat Qurani. Serta lahirnya qori dan qoriah terbaik,” ucap ketua panitia pelaksana menyampaikan tujuan MTQ.

Hadir pada pembukaan diantaranya Sekdaprov Kepri, Arif Fadillah, Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim, Anggota DPR RI, Dwi Ria Latifa, Kakanwil Kemenag Provinsi Kepri, anggota DPR Provinsi Kepri dan Kabupaten Karimun, Ketua MUI Provinsi Kepri, Azhar Hasyim, FKPD dan Kepala OPD Karimun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *