Berita Pemerintahan

Musrenbangnas 2017

Wakil Bupati Karimun H. Anwar Hasyim menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbang) 2017 di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (26/4/2017).

Musrenbangnas dihadiri dan dibuka langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pada kesempatan itu, Presiden memberikan pengarahan kepada seluruh jajaran menteri, pimpinan lembaga, gubernur, wali kota, bisa dan kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Presiden minta untuk mewujudkan sinergitas antara Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2018 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2018 bagi pencapaian sasaran prioritas pembangunan nasional.

“Pak Presiden mengingatkan kami agar terus memacu investasi dan infrastruktur untuk pertumbuhan dan pemerataan yang diselenggarakan kementerian perencanaan pembangunan nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), juga akan menyempurnakan rancangan akhir RKP Tahun 2018,” kata Anwar kepada Tribun Batam, Kamis (27/4/2017).

Lebih lanjut dikatakan Anwar, berdasarkan Pasal 20 ayat (1) UU-SPPN, Kementerian PPN/Bappenas menyiapkan rancangan awal RKP yang memuat prioritas pembangunan, rancangan kerangka ekonomi makro dan pendanaan, indikasi program Kementerian/Lembaga (K/L), program lintas K/L dan program lintas wilayah, serta kaidah pelaksanaannya.

“Pada tahun 2018, pemerintah telah menetapkan 10 prioritas pembangunan nasional yang mencakup bidang pendidikan, kesehatan, perumahan dan permukiman, pengembangan dunia usaha dan pariwisata, ketahanan energi, dan ketahanan pangan,” kata Anwar.

Selanjutnya, penanggulangan kemiskinan, infrastruktur, konektivitas, dan kemaritiman, pembangunan wilayah, serta politik, hukum, pertahanan, dan keamanan.

Sumber: batam.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *