Berita Pemerintahan

Upacara Hardiknas 2017

Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim mengatakan guru maupun pendidik harus mengacu kepada Tut Wuri Handayani. Acuan ini harus diterapkan.

”Kalau didepan, guru sebagai panutan, jika ditengah sebagai inspirasi, apabila dibelakang sebagai motivasi memberi dorongan. Sehingga peserta didik siap bersaing dengan negara lain,” ujarnya ditemui wartawan usai memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), di lapangan Kantor Bupati Karimun, Selasa (2/5/2017).

Dikatakannya lagi, arahan dari Mendikbud guru juga harus mengacu pada contoh tauladan Ki Hadjar Dewantara. Dimana contoh tauladan tersebut dikedepankan moral, prilaku dan keterampilan.

Dikesempatan ini Wabup juga membacakan amanat Mendikbud RI, Muhadjir Efendy yang menyebutkan sekarang tengah diupayakan penyelarasan, penyatuan dan pembaruan bidang kebudayaan dengan pendidikan. Begitu juga dalam pemanfaatan sumber-sumber belajar yang ada di kelas, dilingkungan sekolah dan yang ada diluar sekolah. Sehingga proses pembelajharan tidak terkotak-kotak, tersekat-sekat, tertutup dan sumpeg, melainkan terbuka, luwes dan leluasa.

Reformasi juga akan dilakukan  dalam hak waktu belajar di satuan pendidikan, pengorganisasian pelajaran dan kegiatan belajar, tugas tanggungjawab dan peran guru dan tenaga kependidikan. Termasuk reformasi peran dan tugas kepala sekolah sebagai manajer sekolah, komite sekolah dan juga pengawas sekolah.

”Reformasi pada tataran aksi, ditandai dengan Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Gerakan Literasi Nasional (GLN),” ucapnya.

Selain Wakil Bupati Karimun yang menyerahkan penghargaan, ikut juga membagikan Kepala Dinas Pendidikan Karimun, Bakri Hasyim, Ketua Dewan Kehormatan Guru Indonesia (DKGI) Karimun, Haris Fadillah, sejumlah perwakilan FKPD dan anggota DPRD Karimun.

Berikut penghargaan yang dibagikan:

Sekolah sehat yang diselenggarakan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepri tahun 2017, juara satunya diraih oleh SMAN 4 Karimun. Untuk juara kedua didapat SMPN 3 Tebing dan juara ketiga SDN 003 Kundur Utara.

Penghargaan lainnya, yaitu ke KPD PKBM Bakti Negeri Kundur Barat peraih anugerah aksara tingkat nasional, SDN 009 Meral peraih sekolah percontohan pelaksana pendidikan keluarga, SMPN 1 Karimun menerima penghargaan sebagai sekolah Adi Wiyata tingkat Provinsi.

Selain itu Purwanti, S.Pd dari SMPN 3 Meral peraih juara 1, Reny Kuswanti, S.Pd dari SMPN 1 Meral juara 2 dan Muchammad Fahried, ST dari SMPN 2 Tebing juara 3 lomba guru berprestasi tingkat SMP se-Kabupaten Karimun 2017. Duining Purwianti, S.Pd. AUD (TK Negeri Pembina Karimun) sebagai juara 1 lomba guru berprestasi tingkat TK se-Kabupaten Karimun, Susi Lestari, S.Pd dan Sudarsinah dari Pos PAUD Ananda Karimun sebagai terbaik 1 pengelola KB/SPS pada apresiasi GTK PAUD dan PNF se-Kabupaten Karimun.

Kemudian, Rudi Rendra, S.Ud dari PKBM Bakti Negeri Kundur Barat sebagai terbaik 1 tutor paket B pada apresiasi GTK PAUD dan PNF se-Kabupaten Karimun, Yanto, SE dari PKBM Moro Mandiri Moro terbaik 1 tutor paket C pada apresiasi GTK PAUD dan PNF se-Kabupaten Karimun.

Selanjutnya penyerahan penghargaan kepada penyelenggara UNBK 2016/2017 tingkat SMP kepada  SMP Vidya Sasana, SMPS Muhammadiyah Karimun. Penyelenggara UNBK 2016/2017 tingkat SMK kepada SMK Vidya Sasana, SMK Yaspika, SMK Budi Mulya dan ke PT.Telkom yang telah beperam serta mensukseskan UNBK 2016/2017 tingkat SMP, SMA dan SMK.

Sumber : www.gerbangkepri.co.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *