Berita Utama

Rapat Kerja Camat Lurah Kades se Kab.Karimun

Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan, akan dilakukan kerjasama (MoU) antara Kepala Desa, Kacabjari, Kapolsek dan Camat dalam pengawalan Dana Desa. Hal ini agar Kepala Desa merasa terayomi dalam penggunaan dan mengelola Dana Desa.

“Jika nanti ada pihak-pihak yang membuat laporan tentang Dana Desa, mereka yang telah melakukan kerjasama itu sama-sama ikut bertanggungjawab,” ujarnya usai pembukaan rapat kerja Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Karimun di Gedung Nasional Jl Yos Sudarso Tanjung Balai Karimun, Kamis (9/11/2017).

Selama ini dalam penggunaan Dana Desa, kata Rafiq, menjadi kebinggungan bagi Kepala Desa di sisi aturannya. Yang mana, menggunakan Peraturan Menteri Desa dan Peraturan Bupati. Tentunya harus ada sinkronisasi antara Permendes dan Perbup tersebut.

“Untuk Perbup nya pada Desember tahun ini sudah selesai. Dalam penyusunan Perbup juga melibatkan Kepala Desa dan juga Camat. Sehingga Perbut yang dikeluarkan betul-betul profesional dalam mengelola pengunaan Dana Desa kedepannya,” katanya.

Menjawab pertanyaan Kepala Desa keberatan adanya pengawalan dari kejaksaan dan kepolisian, disampaikan Rafiq tidak demekian. Hanya Kepala Desa meminta, agar pengawalan Dana Desa sinergis. Sehingga dalam melakukan pengawalan atau pendampingan, Kepala Desa tidak kebingunggan.

“Pengawalan itu dalam rangka untuk penyempurnaan penggunaan dan pengelolaan serta alokasi Dana Desa kedepan,” ucapnya.

Pada kesempatan ini Rafiq juga menyampaikan, pembagian Dana Desa dibagi dalam 3 termen. 4 bulan pertama dan 4 bulan kedua sudah dialokasikan ke seluruh Desa se-Kabupaten Karimun. Tinggal 40 persen lagi yang sedang berproses.

“Kita targetkan pada akhir Desember ini sudah terealisasi penyaluran Dana Desa kesemua desa-desa,” katanya mengakhiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *