Berita Utama

Upacara Peringatan Hari Pahlawan

HUMAS – Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017, di Halaman Kantor Bupati Karimun, Jumat (10/11).

Selaku pembina upacara Danlanal Karimun, turut hadir dalam upacara Bupati, Wakil Bupati, FKPD dan para Veteran Kab. Karimun.
Selaku peserta apel terdiri dari TNI dan POLRI, Bea dan Cukai, Satpol PP, KPLP, ASN dan Siswa siswi tingkat SLTA.

Danlanal Karimun – Membacakan sambutan adi menteri Sosial RI.
Setiap tanggal 10 november seluruh bangsa indonesia merupakan peringatan hari pahlawan, dalam rangka mengenang para pahlawan, pahlawan yang merintis kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia, mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan perjuangan kolektif yang mereka lakukan sehingga sampai saat ini kita bisa hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa yang lain, bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujutnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.
Hari pahlawan yang kita peringati pada saat ini didasari peristiwa terhebat dalam riwayat demokrasi dunia yakni peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya. sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia internasional, betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Bupati Karimun Aunur Rafiq saat diwawancarai mengatakan, peringatan hari pahlawan merupakan momentum
menghargai nilai2 sjarah pahlawan yg telah mendahului kita. karena bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak lupa dengan sejarah.

perjuangan saat ini bukan lagi melawan penjajah, tapi melawan bangsa sendiri. kita harus berjuang dlm mengisi kemerdekaan yg telah diwariskan.

Dengan peringatan hari pahlawan ini mari kita tanamkan nilai – nilai rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

Bapak-bapak veteran di karimun ni juga adalah pejuang, mereka juga pernah terlibat dlm pertempuran di irian barat. sampai saat ni mereka masih diberi kekuatan dan rizki berupa umur panjang. maka dari hal tersebut mari kita hargai pahlawan kita, dan mereka ini juga sebagai contoh meski sudah berusia senja tapi tetap bisa hadir dalam upacara pada hari ini.

Sampai saat ini pemerintah akan terus memberikan penghargaan kepada veteran di karimun yang tergabung didalam LVRI, kita akan memberikan insentif yang telah dianggarkan dan alhamdulilah para veteran kita telah menerima per triwulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *