Berita Pemerintahan

Apel bersama antisipasi laka laut di musim utara

Dalam rangka mengantisipasi kecelakaan laut pada musim utara di Kabupaten Karimun, Polres Karimun menggelar apel bersama di Mako Lanal Tanjung Balai Karimun, Jumat (22/12/2017) sore.

Apel ini dipimpin oleh Bupati Karimun, Aunur Rafiq.

Apel bersama antisipasi laka laut di musim utara di Kabupaten Karimun yang diselenggarakan Polres Karimun 2017.

Selain itu, juga didirikan posko terpadu selama Desember 2017 di pelabuhan Sri Tanjung Gelam atau lebih dikenal pelabuhan KPK untuk mengantisipasi terjadi laka laut.

Posko tersebut disiagan personel gabubgan setiap hari yang terdiri dari Satpol Air Polres Karimun, Sat Brimob, TNI AL, Bakamla, KSOP, Basarnas, Tagana dan Dinas Kesehatan.

Ada tiga hal yang ditekankan kepada personel terlibat dalam antisipasi menghadapi laka laut di musim utara, yaitu mempersiapkan mental dan fisik untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, pagelaran kekuatan dengan tepat pada setiap titik-titik rawan laka laut, sehingga terwujudnya sinergi, keterpaduan dan kebersamaan. Kemudian respon cepat dalam menindaklanjuti setiap laporan laka laut, dan dengan segera melakukan langkah-langkah sesuai SOP untuk antisipasi korban jiwa.

Usai apel, dilaksanakan metode pelatihan yang meragakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan yang sesungguhnya atau simulasi penyelamat korban laka laut (kapal tenggelam).

“Kita siap dalam menghadapi bencana. Lewat simulasi diturunkan 11 kapal dengan 60 personel kita meriview kembali kesiapan kita,” ujar Kapolres Karimun, AKBP Agus Fajaruddin diwawancara wartawan usai apel.

Dikatakan Kapolres lagi, dalam antisipasi laka laut di musim utara di wilayah Kabupaten Karimun juga terkoneksi komunikasi secara langsung sesama personel melalui Grup WhatsApp dan juga tersambung ke Call Center 110 Polres Karimun.

“Apapun kejadian yang diketahui, bisa diketahui dengan cepat lewat grup tersebut,” ucapnya.

Sementara itu Bupati Karimun dalam sambutannya mengatakan, apel ini salah satu upaya pengabdian kepada masyarakat, dan tentunya merupakan tugas kemanusian yang mulia dengan ikhlas, sunguh-sungguh dan tanpa pamrih, sehingga aktivitas di perairan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

“Ini sebagai wujud kesiapan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Karimun,” ungkap Rafiq.

Rafiq menegaskan kepada KSOP, instansi terkait dan agen pelayaran untuk tidak memberangkatkan kapal apabila cuaca tidak mendukung.

“Kelengkapan sarana dan prasarana di kapal seperi life jaket juga harus disediakan, dalam menghindari korban jiwa apabila terjadinya kecelakaan,” pintanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *