Berita Utama

Bupati Karimun Menyerahkan Kartu Asuransi Nelayan

Awal tahun 2018 ini Pemkab Karimun melalui Dinas Perikanan bekerjasama dengan asuransi Jasindo Batam membagikan kartu asuransi kepada 3.622 nelayan (jiwa), Kamis (4/1/2018).

Kartu asuransi nelayan ini diserahkan secara simbolis oleh Bupatu Karimun, Aunur Rafiq di rumah dinasnya didampingi Kepala Dinas Perikanan, Rupindi Alamsyah dan Kabag Humas, Eko Riswanto.

Kartu untuk jaminan keselamatan bagi nelayan berseta keluarganya tersebut, juga sudah diserahkan tahun 2016 lalu sebanyak 845 jiwa.

3.622 nelayan yang menerima kartu asuransi tahun ini rinciannya, Kecamatan Karimun berjumlah 334 jiwa, Meral Barat 186, Tebing 233, Meral 235, Kundur 131, Kundur Utara 111, Kundur Barat 185, Ungar 161, Belat 131, Moro 1.158, Buru 389 dan Durai 368.

“Berdasarkan data Dinas Perikanan total nelayan di Kabupaten Karimun 12.577. Dari jumlah tersebut ada dua kategori, untuk nelayan nelayan (pemilik kapal) sebanyak 6.370 kemudian nelayan (buruh/harian lepas) 6.207. Asuransi yang diterima nelayan hari pembayarannya setahun sekali. Untuk tahun pertama, dibayarkan Pemerintah selanjutnya dibebankan ke masing-masing nelayan. Biaya asuransi Rp 1.75 ribu per tahun,” jelas Rupindi kepada Bupati.

Lanjut Rupindi, tidak hanya memberikan jaminan bagi para nelayan serta keluarga tersebut, tapi ia juga selalu menegaskan kepada nelayan tentang keselamatan dalam berlayar atau melaut.

“Selain diingatkan selalu keselamatannya, kita juga akan mebuat sistem manageman pengelolaan keuangan nelayan,” ucapnya.

Sementara itu Bupati Karimun, Aunur Rafiq megharapkan adanya agen dari pihak asuransi dalam pemunggutan biaya asuransi ke nelayan.

“Seperti jemput bola, sehingga membantu dan mentaatkan nelayan dalam membayar asuransinya. Langkah ini irit biaya dan sangat membantu,” pintanya.

“Asuransi seperti ini merupakan program Pemerintah untuk membantu meringankan beban masyarakat. Sangat banyak sekai program Pemerintah untuk masyarkat,” tambah Rafiq mengakhiri.

Penyerahan kartu asuransi ini juga dihadiri organisasi-organisasi nelayan di Kabupaten Karimun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *