Berita Utama

PEMKAB KARIMUN-BANK RIAU KEPRI TEKEN MOU TRANSAKSI NON TUNAI

Pemkab Karimun dan Bank Riau Kepri membuat kesepatan (Memorandum Of Understanding atau MoU) tentang transasi keuangan secara non tunai yang telah di launcing sejak tahu 2014 oleh Presiden, Jokowi di lingkungan Pemkab Karimun, Jumat (19/1/2018) siang di rumah dinas Bupati Karimun.

Penandatangan MoU ini dilakukan Bupati Karimun, Aunur Rafiq dan Direktur Utama Bank Riau Kepri, Irvandi Gustari.

Dikesempatan ini, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemkab Karimun, Abdullah dan Pimpinan Bank Riau Kepri Cabag Tanjung Balai Karimun, Baharuddin juga melakukan penandatangan kesepakatan yang sama untuk 37 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Karimun.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq menyebutkan diberlakukan transaksi non tunai bertujuan, agar sistem keuangan di Pemda semakin transparan dan akuntabel. Nantinya dana di brankas bendahara disetiap OPD, tidak ada lagi yang melebihi Rp 10 juta.

“Pembayaran gaji, tunjangan penghasilan dan sertifikasi guru yang nominalnya, dibayarkan dengan sistem non tunai, termasuk juga gaji saya. Terkecuali insentif petugas kebersihan, RT/RW dan insentif guru TPQ belum diberlakukan. Tapi nanti juga akan diberlakukan sistem non tunai,” ujar Rafiq diwawancara wartawan.

Sementara itu Direktur Utama Bank Riau Kepri, Irvandi Gustari mengatakan 37 OPD sekaligus berlakukan atau diterapkan transaksi non tunai terbesar di Kepri dan Riau.

“Kami mengapresiasinya. Ini jumlah terbesar dan baru pertama kalinya. Biasa dibawah sepuluh,” tuturnya.

Ia menambahkan, pembayaran dengan sisitem non tunai untuk transparan dalam menggunakan keuangan dan menghindari kebocoran atau peyimpangan.

“Dari handpone bisa mengecek saldo, seperti buka tabungan sendiri, begitulah canggihnya,” katanya mengakhiri.

Hadir dalam penandatanagan MoU ini Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim, Sekda Karimun, HM Firmansyah dan Kepala OPD Karimun.

sumber : gerbangkepri.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *