Berita Pemerintahan

Wakil Bupati Karimun mengikuti Rakornas Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial

Humas-Wakil Bupati Karimun mengikuti Rakornas Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tahun 2018 di Jakarta,Rabu 07/03

Rapat ini dibuka oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto,

dengan mengusung tema ‘Sinergitas Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Guna Mendukung Sukses Pilkada 2018 dan Persiapan Pemilu 2019.

Dalam pertemuan ini hal-hal yang di bahas adalah bagaimana membangun hubungan tata kelola pemerintah pusat dan daerah yang lebih efektif, efisien, taat kepada hukum, mempercepat reformasi birokrasi dalam rangka penguatan otonomi daerah untuk kesejahteraan rakyat.

Kegiatan ini juga mendapatkan pengarahan dari Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri.

Tujuan Pelaksanaan kegiatan ini ialah untuk meningkatkan koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah maupun antar instansi, yaitu pemerintah dan aparat penegak hukum yang perlu ditingkatkan untuk mencegah konflik sosial terjadi.

Selain itu, pentingnya koordinasi ini bagi pemerintah daerah adalah membangun komunikasi yang baik dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat untuk menjaga daerah tetap stabil dan aman.

Diharapkan setiap daerah perlu membangun komunikasi dengan tokoh-tokoh, petakan potensi-potensi konflik, dan antisipasi agar  konflik tidak terjadi. Diharapkan lewat kegiatan ini akan ada peningkatan kapasitas terhadap aparatur pemerintah agar bisa mencegah atau menyelesaikan konflik.

Selain Menko Polhukam, Rakornas Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tahun 2018 juga turut diberikan pengarahan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Dari hasil rakornas ini wakil bupati mengharapkan agar dikabupaten karimun dijauhkan dari konflik sosial karna selama ini di kabupaten karimun masyarakatnya sangat kondusif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *