Berita Utama

Upacara Hardiknas dan Hari Otonomi Daerah ke-XXII

Humas – Bupati Karimun selaku pembina apel dalam Rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh setiap 2 Mei dan disejalankan hari Otonomi Daerah Ke – XXII.

Dikesempatan ini Bupati Karimun juga membacakan Amanat Mendikbud RI
PIDATO MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN RI Peringatan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2018

Dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 ini kita mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Sesuai dengan tema tersebut, marilah kita jadikan peringatan kali ini sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tecermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional kali ini juga kita jadikan momentum untuk melakukan muhasabah, mesu budi, atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan. Dalam waktu yang bersamaan kita menerawang ke depan atau membuat proyeksi tentang pendidikan nasional yang kita cita-citakan.

Pada Hari Pendidikan Nasional 2018 ini kita perlu merenung sejenak untuk menengok ke belakang, melihat apa yang telah kita kerjakan di bidang pendidikan, untuk kemudian bergegas melangkah ke depan guna menggapai cita-cita masa depan pendidikan nasional yang didambakan.

Selamat Hari Pendidikan Nasional. Teruslah ikhlas dan tulus berkontribusi tak kenal henti bagi usaha menguatkan pendidikan Indonesia serta memajukan kebudayaan Indonesia. Semoga kita semua dapat menyaksikan Indonesia sebagai bangsa adidaya budaya dengan pendidikan yang kuat.

Bupati karimun, bersyukur ternyata antusiasme masyarakat terhadap gerakan penguatan pendidikan karakter sangat luar biasa. Hal ini dikarenakan masyarakat menyadari bahwa penguatan karakter dan literasi warga negara merupakan bagian penting.

“Seluruh komponen masyarakat harus menjadi sumber untuk memperbaiki kinerja pendidikan dan kebudayaan dalam menumbuhkembangkan karakter dan literasi anak-anak Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *