Berita Utama

JCH Kab.Karimun berjumlah 203 Orang

Karimun –  Calon jemaah haji atau CJH asal Kabupaten Karimun tahun 2018 berjumlah 203 orang terdiri dari 90 laki-laki dan 113 perempuan.

Rinciannya Kecamatan Karimun sebanyak 22 laki-laki dan 32 perempuan, Meral 14 laki-laki dan 21 perempuan, Meral Barat 4 laki-laki dan 4 perempuab, Tebing 21 laki-laki dan 17 perempuan, Kundur 22 laki-laki dan 29 perempuan, Kundur Utara 3 laki-laki dan 3 perempuan, Kundur Barat 2 laki-laki dan 5 perempuan, Ungar 1 laki-laki dan 1 perempuan, Moro 1 laki-laki dan 1 perempuan.

Dari jumlah ini CJH laki-laki tertua berusia 74 tahun dan yang perempuan berusia 78 tahun. Sedangkan CJH laki-laki termuda berusia 39 tahun dan perempuannya berusia 30 tahun.

“Jumlah CJH kita pada tahun ini meningkat sekitar 20 persen dibandingkan 2017,” ungkap Bupati Karimun Aunur Rafiq saat diwawancara wartawan usai menghadiri halal bi halal dan pelepasan CJH dilingkup Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Karimun di gedung Darun Nadwah Masjis Agung Karimun, Minggu (15/7/2018).

Dikatakan Rafiq, awalnya CJH akan berangkat ke Tanah Suci pada tahun ini sebanyak 204 orang. Namun satu orang diantaranya batal berangkat atau mengundurkan diri.

“1 CJH yang mengundurkan diri itu alasannya karena sakit, asal CJH ini dari Kecamatan Tebing,” ucapnya.

Rafiq menambahkan, proses pemberangaktatan CJH asal Kabupaten Karimun yang sudah menggikuti pembinaan-pembinaan sebagai persiapan diantaranya manasik haji dimulai  tanggal 5 Agustus 2018. Pada tanggal ini semua CJH sudah berada di Kabupaten Karimun.

Kemudian tanggal 6 Agustus 2018 pukul 06.30 WIB dilaksanakan pelepasannya ke Batam di pendopo rumah dinas Bupati Karimun. Keberangkatan CJH ke Batam  menggunakan kapal ferry Dumai Line sekitar pukul 09.00 WIB.

“CJH Kabupaten Karimun bergabung di kelompok terbang atau kloter 19 embarkasi Batam. Tanggal 7 Agustus 2018 dilakukan pelepasan dari Batam menuju Mekah,” jelas Rafiq.

Bupati Karimun mengharapkan CJH asal Kabupaten Karimun diberikan kekuatan, kesehatan dan kemudahan dalam melaksanakan rangkaian baik itu sunnah maupun fardhu dan pulang ke tanah air menjadi haji yang mabrur dan mabrurrah.

“Mari seluruh lapisan masyarakat mendoakan CJH kita agar selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT sehingga dapat menjalankan seluruh rangkaian ibadah hajinya. CJH juga diminta mendoakan Kabupaten Karimun menjadi negeri baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur, serta mendoakan masyarakatnya menjadi masyarakat sakinah nawaddah warahmah dalam lindungan Allah SWT,” harapnya.

Turut hadir dalam acara ini diantaranya Ketua IPHI Kabupaten Karimun Haris Fadillah, Kabag Kesra dan Kemasyarakat Pemkab Karimun Irwan Dinovri dan Ketua Tim PKK Kabupaten Karimun Azmah Aunur Rafiq.

sumber: kepriterkini.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *