Berita Utama

SDN 007 Kundur Ikuti Lomba Gugus Depan Mewakili Kepri

Kundur –  SDN 007 Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun mewakili Provinsi Kepri ikuti Lomba Gugus Depan (Gudep) Unggul dan Festival Penggalang Ceria Tingkat Nasional 2018 di Kota Malang.

SDN 007 Kundur dalam lomba berlangsung dari tanggal 6-11 Agustus 2018 tersebut mengirim
8 orang peserta putra (Regu Buaya) dan 8 pe regu putri (Regu Teratai) ditambah 6 orang pembina.

Bupati Karimun Aunur Rafiq meminta kepada seluruh peserta menjaga kekompakan dan kesehatan sehingga menjadi yang terbaik.

Selain itu Bupati juga meminta kepada dua regu tersebut harus selalu konsentrasi penuh.

“Yang dinilai dalam lomba nanti adalah kekompakan kerapian dan wajah harus seyum serta ceria. Jangan kaku dan grogi,” pinta Rafiq dalam sambutanmya saat melepas dua regu yang mengikuti Lomba Gugus Depan (Gudep) Unggul dan Festival Penggalang Ceria Tingkat Nasional 2018 di Kota Malang mewakili Provinsi Kepri, di SDN 007 Kundur, Sabtu (4/8/2018).

Seperti yang dilansir dari kemdikbud.go.id, tujuan utama dari Lomba Gugus Depan (Gudep) Unggul dan Festival Penggalang Ceria adalah untuk menguatkan pembinaan tata kelola gugus depan yang berpangkalan di sekolah dasar untuk mendorong percepatan program Penguatan Pendidikan Karakter yang menjadi prioritas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mengingat peran penting pendidikan kepramukaan sebagai wadah pembangunan kepribadian dan keterampilan hidup, serta penguatan nation and character building bagi anak-anak Indonesia.

Lomba Gugus Depan Unggul dan Festival Penggalang Ceria Tingkat Nasional dikemas dalam konsep kegiatan Rekreatif-Edukatif. Meskipun dalam suasana kompetitif lomba, namun tetap dilaksanakan dalam nuansa keceriaan dan keakraban. Sebagai suplemen kegiatan ini, peserta akan mengikuti workshop pengembangan Gugus Depan yang dipandu oleh tim Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, seminar pencegahan narkoba di lingkungan pendidikan dengan narasumber dari Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Tour Edukasi untuk menambah wawasan peserta.

Harapan dari kegiatan ini adalah peserta termotivasi untuk terus menerus mengembangkan gugus depannya sebagai pusat penguatan pendidikan karakter. Dengan demikian, pengembangan gugus depan di sekolah dasar dapat menjadi pemercepat ketercapaian program prioritas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *