Berita Utama

Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)

HUMAS – Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq pimpin apel Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-105 KODIM 0317/ TBK TA 2029. Kamis (11/07).

Pelaksanaan TMMD Ke-105 dilaksanakan di lapangan sepak bola Desa Pongkar Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun, yang dihadiri oleh Kepala Staf Komando Resort Militer 033 Wira Pratama, Wakil Bupati Karimun, FKPD Karimun, OPD Karimun, Ormas Karimun dan Tokoh Masyarakat Karimun.

Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq dalam amanatnya mengungkapkan Tentara Manungggal Membangun Desa (TMMD) adalah salah satu wujud oprasi bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral anatara TNI dengan Kementerian, lembaga Pemerintah lainnya dan Pemerintah Daerah serta komponen lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan didaerah perdesaan.

Sebagaimana kita ketahui bahwa pendanaan pada pelaksanaan TMMD yang ke-105 Kabupaten Karimun bersumber dari APBD Kab. Karimun, yang bertemakan “Bersama TMMD membangun untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat”.

Dan tujuan dari TMMD untuk memberikan motivasi diri kita agar menyatukan semangat dan aksi demi Ibu Pertiwi dan demi masyarakat yang sejahtera beridikasi dalam menoreh karya yang mempunyai nilai kebaikan dan membahagiakan.

Pelaksanaan program TMMD yang semula diselenggarakan dua kali dalam setahun, ditambah menjadi tiga dalam setahun, yang berujuan untuk membangun wilayah-wilayah yang sulit terjangkau dan untuk melestarikan budaya luhur Bangsa Indonesia yang menjadi makna inti dari Pancasila, yaitu gotong royong. Dan dengan program TMMD ini, kita ingin rakyat makin sejahtera dan mandiri serta rakyat mempunyai daya tangkal dan daya cegah terhadap berbagai hal yang menjadi ancaman terhadap keutuhan bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *