Berita Pemerintahan

Karimun Juara 1 Asman Toga Tingkat Nasional

Karimun – Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau kembali menorehkan prestasi membanggakan di bidang kesehatan tingkat nasional pada tahun 2019 ini.

Prestasi itu dari Kampung Tanaman Obat Keluarga Asuhan Mandiri (Toga Asman) Selasih Kelurahan Parit Benut Kecamatan Meral.

Kampung toga di Kabupaten dengan julukan Bumi Berazam tersebut, terpilih sebagai juara 1 Lomba Asman Toga dan Akupresure tingkat nasional tahun 2019 kategori “Perkotaan”.

Atas keberhasilan itu, Kampung Toga Asman Selasih Kelurahan Parit Benut Kecamatan Meral menerima penghargaan dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Penghargaan diserahkan langsung oleh Direktorat Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI Bambang Pranowo ke Wakil Bupati Karimun  Anwar Hasyim, di Hotel Royal Surakarta Haritage, Solo, Provinsi Jawa Tengah pada Rabu 20 November 2019.

 Ikut mendampingi Wakil Bupati dalam menerima penghargaan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimum Rachmadi.

“Meriah penghargaan tersebut tidak mudah. Karena hanya ada 12 juara secara nasional. Juara 1 sampai 4 masing-masing ada tiga kategori, yaitu  Desa, DTPK dan Perkotaan. Alhamdulillah, pada lomba tahun 2019 Kampung Toga Asman Selasih sebagai juara satunya kategori Perkotaan,” ujar Wabup Karimun Anwar Hasyim.

Anwar Hasyim menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi kepada stakeholder terkait. Tanpa terjalinnya kerja sama dan kekompakan yang baik, tidak akan bisa terwujud atau bisa meraih prestasi tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun Rachmadi menyebutkan, meraih juara lomba Asman Toga dan Akupresure tingkat nasional untuk yang ketiga kalinya secara berturut turut.

Dijelaskannya untuk pertama kali pada tahun 2017, Kampung Toga Asman Mahkota Dewa Desa Selat Mendaun, Kecamatan Karimun meraih juara 3 kategori “Desa”.

Untuk yang kedua tahun 2018, Kampung Toga Asman Kunyit Asam Kelurahan Harjosari, Kecamatan Tebing meraih juara 1 kateori “DTPK”.

 “Ketiga atau tahun 2019 ini, kembali sebagai juara 1 nasional lagi untuk kategori perkotaan yang diraih Kampung Toga Asman Selasih Kelurahan Parit Benut,” tambah Rachmadi kepada kepriterkini.id, Kamis 21 November 2019.

Rachmadi menekankan, Kampung Toga bukan hanya untuk diperlombakan. Tapi adalah program dalam rangka membudayakan pengobatan tradiosional, melalui pemanfaatan tanaman obat keluarga dan akupresur.

“Kelompok-kelompok asuhan mandiri toga, bukan hanya sekedar menanam tapi juga dimanfaatkan sebagai pelayanan kesehatan promotif dan preventif. Mencegah lebih dari pada mengobati,” imbaunya mengakhiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *