Berita Utama

Kunker Menhub di Pulau Karimun

Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Sabtu (1/5/).

Kunjungan kali ini adalah kunjungan yang kedua kalinya di Kabupaten Karimun, untuk melakukan peninjauan infrastruktur serta memastikan kelanjutan pembangunan transportasi Bandara Raja Haji Abdullah (RHA) dan Pelabuhan Malarko.

“Saya di amanatkan oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo untuk meninjau kembali terkait kelanjutan pembangunan dua infrastruktur strategis di Kabupaten Karimun yaitu Bandara Raja Abdullah dan Pelabuhan Malarko,” ucap Menhub RI.

Lanjut Menhub RI, terkait kelanjutan Pelabuhan Malarko, Pemerintah Pusat akan menfokuskan percepatan pembangunannya. Sehingga, apabila aktivitas Pelabuhan Malarko ini sudah berjalan dapat mendongrak perekonomian daerah kedepannya.

“Yang jelas pemerintah pusat akan mempercepat pembangunan pelabuhan malarko, dapat dibayangkan apabila kegiatan pelabuhan malarko ini sudah berjalan maka kegiatan-kegiatan perekonomian di Provinsi Kepri khususnya di Kabupaten Karimun semakin meningkat, mengingat Kabupaten Karimun merupakan salah satu wilayah strategis yang langsung berhadapan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura,” jelas Menhub RI.

Tak hanya itu, Menhub RI juga menyebutkan bahwa landasan jalur pacu pada Bandara Raja Haji Abdullah (RHA) akan diperluas, sehingga bisa didarati pesawat jenis ATR.

“Kita merencanakan untuk Bandara Raja Haji Abdullah jangka panjang nantinya dapat didarati untuk pesawat berjenis Boeing 737 atau yang setaranya, dengan landasan pacu sepanjang 2.200 meter. Tetapi kita juga harus realitis, untuk tahun ini kita selesaikan dahulu jalur pacu sepanjang 1.500 meter,” ungkap Menhub RI.

Meski begitu, Menhub RI meminta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun untuk dapat menyelesaikan permasalahan tanah/lahan guna memperluas jalur pacu landasan bandara tersebut.

“Kami meminta kepada Gubernur Kepri Bupati Karimun dan Forkopimda lainnya untuk dapat menyelesaikan permasalahan tanah yang ada di jalur pacu sehingga dapat segera mempercepat pembangunan landasannya,” pinta Menhub RI.

Sementara dalam penyampaian Gubernur Kepri, H. Ansar Ahmad, SE, M.M., bahwa dengan adanya pembangunan dua infrastruktur strategis di wilayah Kabupaten Karimun ini dapat menjadi percepatan peningkatan perekonomian.

“Saya yakin dengan adanya perhatian khusus langsung dari Pemerintah Pusat dengan melakukan pembangunan infrastuktur transportasi dapat menjadi daya dongkrak peningkatan perekonomian di Kabupaten Karimun,” kata Gubernur Kepri mengakhiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *