Berita Utama

Lanjutan Penyembelihan Hewan Kurban

KomHumas – Bupati Karimun Bpk. Dr. H. Aunur Rafiq, S.Sos, M.Si., dan Wakil Bupati Karimun Bpk. H. Anwar Hasyim, M.Si., melakukan peninjauan pelaksanaan penyembelihan hewan qurban. Karimun, rabu (21/07).

Momentum Hari Raya Idul Adha atau sering disebut juga dengan Hari Raya Qurban sebagai salah satu Hari Besar bagi Ummat Islam se-dunia, menjadi wadah bagi Ummat Islam untuk saling berbagi kepada sesama, Khususnya bagi umat Islam yang memiliki kemampuan untuk menyembelih hewan kurban yang biasanya dilakukan pasca mengikuti Sholat Idul Adha.

Namun 2 tahun terakhir ini (1441 H/2020 M dan 1442 H/2021 M) perayaan Hari Raya Idul Adha berbeda dari tahun sebelumnya. Indonesia termasuk dalam salah satu Negara yang terkena dampak dari pandemi Covid-19. Karenanya, berbagai pelaksanaan kegiatan baik pemerintahan, keagamaan maupun kemasyarakatan, seperti halnya pelaksanaan sholat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban harus dilaksanakan dengan mematuhi prokes Covid-19.

Hal ini juga dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Karimun, dengan menerapkan Prokes Covid-19 dalam pelaksanaan Sholat Idul Adha 1442 H/2021 M dan Penyembelihan Hewan qurban.

Bupati Karimun Bpk. DR. H. Aunur Rafiq, S.Sos, M.Si membuka secara resmi pelaksanaan penyembelihan hewan qurban di lingkungan sekretariat daerah Kabupaten Karimun serta menyerahkan hewan qurban.

Disampaikan oleh Bupati Karimun, bahwa Sekretariat daerah melaksanakan penyembelihan hewan qurban sebanyak 7 ekor sapi dan 3 ekor kambing yang akan di sembelih hari ini.

Bupati Karimun juga menerangkan, bahwa pemerintah juga mendistribusikan 7 ekor sapi dari 14 ekor sapi yang di siapkan Sekretariat Daerah di setiap kecamatan yang berada di luar pulau Karimun Besar.

Selain membuka secara resmi pelaksanaan penyembelihan hewan qurban di lingkungan sekretariat daerah Bupati Karimun juga mengunjungi beberapa tempat pemotongan hewan qurban yaitu di Among Mitro, kekerabatan keluarga Meranti, selanjutnya rombongan mengunjungi pemotongan di Kantor DPD Partai Golkar.

Hal tersebut dilakukan untuk melihat secara langsung pelaksanaan penyembelihan hewan qurban agar sesuai dengan Surat Edaran yang telah ditetapkan.

Bupati Karimun disela-sela peninjauannya juga mengatakan hari raya idul Adha adalah meningkatkan rasa keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Sebagai bentuk wujud hablumminallah, Kemudian habluminannas nya terjadi pada silaturahim kita, berbagai rasa dan berbagai rezeki.

Sementara itu di tempat yang lain Wakil Bupati Karimun Bpk. H. Anwar Hasyim, M.Si., juga mengunjungi pelaksanaan penyembelihan hewan qurban di Masjid Al Jihad di baran barat.

Senada dengan Bupati Karimun, Wakil Bupati Karimun juga berpesan agar pelaksanaan penyembelihan hewan qurban dapat di laksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat dan sesuai dengan surat edaran yang telah diterbitkan.

Mengakhiri pembicaraannya Bupati Karimun mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M, kepada Umat Islam di Kabupaten Karimun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *