Berita Utama

Kunjungan Kerja Gubernur dan Menyerahkan Bantuan.

KomHumas – Penyerahan Bantuan Sosial Kepada Masyarakat Tidak Mampu yang Terkonfirmasi dan Meninggal Dunia Karena Covid-19. Gedung Nasional Kabupaten Karimun, Rabu (10/08/21).

Angka kematian akibat covid-19 di Kabupaten Karimun terjadi peningkatan, saat ini angka tersebut sudah mencapai 89 kasus. tidak sedikit juga yang meninggal merupakan kepala keluarga dan warga yang tidak mampu.

Untuk itu melalui kunjungan kerja Gubernur KEPRI Bpk. H. Ansar Ahmad, SE, M.M. Di Kabupaten Karimun, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau akan memberikan bantuan berupa uang tunai kepada warga tidak mampu terdampak pandemi Covid-19.

Adapun kriteria penerima, yaitu keluarga terkonfirmasi positif virus corona yang bergantung pada pendapatan harian, kepala keluarga yang terkena PHK, lansia, disabilitas, dan keluarga rentan miskin.

Mengawali kegiatan tersebut, Bupati Karimun menyampaikan sambutannya “saat ini Kab. Karimun sedang menghadapi gelombang ke2 Covid-19, dimana gelombang pertama yang terjadi dioktober tahun lalu Karimun mampu mengatasinya, namun untuk gelombang ke2 saat ini kondisinya cukup menghawatirkan.”

Pasalnya, dalam dua minggu terkahir ini di kabupaten Karimun kasus terkonfirmasi dan meninggal grafiknya cenderung meningkat, “ini harus menjadi perhatian bersama, dalam dua minggu ini Covid-19 mengalami peningkatan di Kab. Karimun, dan paling banyak merupakan cluster keluarga” Kata Bupati Karimun.

Menanggapi hal itu, Bupati Karimun terus melakukan upaya-upaya penanganan, antara lain,
1. Menambah minimal 40 persen tempat tidur untuk pasien Covid-19 di rumah sakit.
2. Menambah jumlah tempat isolasi terpadu, saat ini sudah ada 7 lokasi dengan 420 tempat tidur yang sudah di gunakan, dan ada 83 tempat tidur lagi yang siap di gunakan.
3. Mengupayakan ketercukupan oksigen medis, Alhamdulillah pihak produsen menjamin ketersediaan di Kab.Karimun.
4. Melakukan Razia Masker dan Rapid antigen acak di tempat keramaian.
5. Menyiapkan tim pemulasaran jenazah di pulau-pulau.

Menutup sambutannya, Bupati Karimun mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Kepulauan Riau atas bantuan yang di berikan kepada masyarakat Kab. Karimun.

Bentuk perhatian yang bapak Gubernur berikan kepada saudara-saudara kita menjadi pembangkit harapan kami menghadapi pandemi ini, ungkap Bupati Karimun.

Dengan itu, Bupati Karimun mengharapkan dengan adanya bantuan ini maka bisa dengan cepat memberikan dampak yang baik bagi penanganan pandemi Covid-19 di Kepulauan Riau khususnya Kabupaten Karimun.

Selanjutnya sambutan Gubernur Kepri yang di awali dengan menyerahkan sertifikat penghargaan atas capaian 50 persen Vaksinasi di kab.Karimun kepada Bupati Karimun beserta unsur terait lainnya.

Selanjutnya Gubernur di dampingi Bupati Karimun juga menyerahkan bantuan secara simbolis, adapun bantuan tersebut berbentuk uang tunai dengan jumlah Rp. 1.000.000 untuk keluarga terdampak Covid-19, dan Rp. 3.000.000,- untuk keluarga yang meninggal dunia akibat Covid-19.

Dalam sambutannya Gubernur Kepri menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi bersama dengan DPRD Provinsi Kepri telah menyusun tiga program besar dalam mengahadapi pandemi Covid-19 di Kepulauan Riau.

Tiga program besar tersebut adalah yang pertama Penanganan penyebaran virus Covid-19 dan perawatan pasien Covid-19, yang kedua Perlindungan sosial, dan yang ketiga adalah percepatan pemulihan ekonomi.

Bantuan sosial yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kepri ini diharapkan dapat digunakan sebaik mungkin untuk kebutuhan hidup sehari-hari selama menjalani isolasi mandiri.

Jadi ketika mereka isoman, jangan lagi keluar rumah untuk mencari biaya hidup. Karena tanggungan sehari-hari mereka sudah kita tanggung melalui bansos tersebut, ditambah dengan bantuan dari Pemkab Karimun, ucap Gubernur Kepri.

Kemudian, melihat capaian vaksinasi di Kab.Karimun dan merupakan Kabupaten pertama di provinsi kepri yang mencapai target vaksinasi Covid-19 sebesar 70 persen dari sasaran.

Dengan itu, Gubernur Kepri mengapresiasi Bupati Karimun, “Capaian target vaksin di Karimun sudah 70 persen, ini patut diapresiasi. Meskipun mulainya terlambat, belakangan, tapi bisa mengejar target,” Tutup Gubernur kepri.

Turut serta dalam rombongan Gubernur Kepri yaitu Asisten perekonomian dan pembangunan, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Biro Humas Protokol dan Penghubung, Kepala Dinas Kesehatan, dan Anggota DPRD Kepri.

Serta, Turut hadir mendampingi Bupati Karimun, Wakil Bupati Karimun, Dandim 0317/TBK, Danlanal TBK, Kabag Ops Polres Karimun, Wakil ketua 2 DPRD Karimun, Sekda Karimun, FORKOPIMDA, dan unsur instansi terkait.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *